Selasa, 31 Mei 2011

cara jitu atasi ngantuk....


                Ngantuk ........... 
                Emh... kata yang sering banget kita dengar plus kita alami. Hal itu memang merupakan salah       satu sifat makhluk hidup, khususnya kita: MANUSIA. Ya pasti kita semua pernah merasakan             yang namanya mangantuk, gimana dong kalau seumur hidup nggak pernah merasakan                    ngantuk????????? Manusia atau bukan itu.....????????
Kita sebagai pelajar sering kali mengalami yang namanya ‘ngantuk mendadak’ yang mana hal tersebut dapat merugikan kita. Banyak contoh yang terjadi,
                Saat kita sedang belajar serius, eeh... baru aja buka tiba-tiba datang rasa kantuk itu menyerang kita. Akhirnya kadangkita kalah dan memenuhi kantuk itu lalu... pergi tidur deh....
Terus bagaimana dengan belajarnya tadi? Ujung-ujungnya nyesel n’ kecewaa.... apalagi gawat bangget saat terjadi disekolah dan ketika pelajaran sedang berlangsung. Akhhh!!! Jadi banyak ketinggalan pelajaran, penjelasan dan belom lagi di omelin bapak-ibu guru.
                Nah,  kita perlu tahu apa sih sebenarnya ngantuk itu?
                Kenapa kita bisa mengantuk?
                Dan bagaimana cara mengatasi atau menghilangkan kantuk?
Yuk!! Kita simak bareng...remaja harus sehat dong.........

1.       PENGERTIAN MENGANTUK
Mengantuk adalah salah satu tanda yang diberikan oleh tubuh agar seseorang  beristirahat.
Ngantuk juga bisa diartikan fase yang dilalui oleh semua manusia "normal" sebelum memasuki fase tidur. Hal nyata yang terjadi pada seseorang yang terserang ngantuk adalah jatuhnya kepala seseorang secara berkesinambungan di saat posisi tulang belakangnya membentuk sudut 90 derajat terhadap bidang alas duduknya

2.       SEBAB-SEBAB TERJADINYA RASA KANTUK
Sebab-sebab mengantuk ini kebanyakan karena menderita penyakit :
1. Anemia (kurang darah)
Anemia merupakan penyebab  utama rasa kantuk sering datang. Kekurangan darah menyebabkan kurangnya zat besi, sel darah merah yang diperlukan untuk membawa oksigen ke jaringan dan organ tubuh pun berkurang, sehingga menyebabkan orang sering merasa ngantuk.
2. Hipotiroid (menurunnya produksi hormon tiroid)
Tiroid adalah kelenjar kecil di dasar leher, yang berfungsi mengontrol metabolisme dan kecepatan mengubah bahan bakar menjadi energi. Ketika kelenjar kurang aktif dan fungsi metabolisme terlalu lambat, orang bisa merasa badan lesu dan selalu mengantuk.
3. Diabetes
Glukosa adalah bahan bakar dari energi yang dilepaskan dalam sel-sel karena adanya oksigen. Orang dengan diabetes tipe-2 memiliki tingkat glukosa darah yang tinggi, karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa ini untuk menyediakan energi. Oleh karena itu, individu dengan diabetes tipe-2 mengeluh merasa lelah dan mengantuk sepanjang waktu.
4. Dehidrasi
Kelelahan dan kantuk bisa merupakan tanda dehidrasi. Segeralah cukupi kebutuhan air dalam tubuh agar selalu merasa segar dan bersemangat.
5. Depresi
Depresi bukan hanyan gangguan emosi tetapi juga banyak berkontribusi untuk gejala fisik. Kelelahan, selalu mengantuk, sakit kepala dan kehilangan nafsu makan adalah salah satu gejala yang paling umum pada orang yang mengalami depresi.
6. Gangguan tidur
Gangguan tidur seperti sleep apnea dan insomnia juga dapat menyebabkan perasaan kelelahan dan kantuk terus-menerus. Tidur digunakan untuk memfungsikan tubuh kembali, sel-sel tubuh memperbaiki dan meremajakan diri. Sementara pada orang yang menderita kurang tidur karena insomnia, sleep apnea, maka sistem pernapasan akan terhambat sehingga sering menyebabkan kelelahan dan kantuk.
7. Penyakit jantung
Ketika mudah merasa lelah dan mengantuk dalam melakukan kegiatan sehari-hari, sebaiknya Anda harus memastikan bahwa jantung Anda dalam keadaaan yang baik, karena selalu mengantuk bisa jadi pertanda awal penyakit jantung.
8. Sindrom kelelahan kronis
Lelah biasanya segera hilang saat dibawa istirahat. Tapi untuk sindrom kelelahan kronis (chronic fatigue syndrome), lelah tidak cepat hilang dan biasanya ditandai dengan kelesuan, mengantuk, lekas marah, nyeri otot dan dalam beberapa kasus terjadi hilangnya memori
Ada sebuah penelitian terbaru pada tikus mendapatkan sel otak yang disebut astrocyte sebagai bahan pendorong untuk tidur dengan mengeluarkan adenosine. Adenosine  merupakan bahan kimia yang menimbulkan efek mengantuk namundapat dikurangi dengan kafein.Makin lama manusia terjaga, maka makin besar rasa kantuk itu mennyerang, yang mana disebut tekanan untuk tidur. Penelitian mendapati adenosine sebagai pemicu tekanan untuk tidur.Bahan kimia ini terkumpul selama jam terjaga, yang membantu menstimulasi pola unik di aktivitas otak yang terjadi selama tidur.
Ada juga sayuran yang dapat menyebabkan rasa mengantuk salah satunya adalah kangkung. Sayur ini dapat menyebabkan orang mengantuk setelah mengonsumsinya. Nama lain kangkung adalah ipomoea aquitica, water spinach, water morning glory atau water convolvulus. Kondisi yang menyebabkan seseorang mengantuk setelah konsumsi kangkung kemungkinan karena di dalam kangkung terdapat senyawa kimia sedative ( zat yang bersifat menenangkan) yang akan membuat pikiran seseorang menjadi lebih tenang dan rileks, sehingga membuatnya menjadi mudah mengantuk. Namun hal ini belum tentu berlaku untuk semua orang, karena setiap orang membutuhkan kadar senyawa sedatif yang berbeda-beda hingga bisa membuatnya menjadi mengantuk. Jadi ada kemungkinan seseorang tetap segar dan tidak mengantuk meski mengonsumsi kangkung. Ada  beberapa jenis makanan yang bisa membuat seseorang mengantuk dan tidak dapat berhenti menguap adalah makanan yang menyerap energi dengan cepat. Makanan ini mengandung gula tinggi dan karbohidrat yang sederhana yang bisa meningkatkan energi tapi dengan cepat diturunkan, seperti makanan yang manis- manis, minuman berenergi, makanan berlemak, makanan yang rendah zat besi serta anggur merah. Penurunan gula dalam darah yang terlalu drastis bisa mengakibatkan tubuh lemas dan sering menguap untuk mendapatkan oksigen lebih banyak, karenanya makanan ini bisa membuat seseorang mengantuk setelah mengonsumsinya. Selain itu kandungan tryptophan yang tinggi bisa mempengaruhi seseorang untuk tertidur. Hal ini karena tryptophan merupakan asam amino yang digunakan tubuh untuk membuat serotonin, yaitu neurotransmitter yang memperlambat jalur lalu lintas saraf otak. Contoh  makanan yang  mengandung kadar tryptophan tinggi adalah produk susu seperti keju, produk kedelai (susu kedelai, tahu atau kacang kedelai), daging, biji-bijian, telur dan juga biji bunga matahari.


3.       CARA MENGATASI RASA KANTUK

- Latihan Pernafasan
Angkat kedua lengan keatas kepala sambil tarik nafas dalam. lalu tuunkan lengan secara perlahan sambil menghembuskan nafas. cara ini membantu anda menciptakan eneri dan meningkatkan sirkulasi.

- Sentuh wajah
Usap dahi secara perlahan kebelakang kepala; pijat kedua daun telinga untuk mengaktifkan titik energi dan usap pipi untuk meningkatkan sirkulasi.

- Dapatkan sinar matahari
memaparkan wajah dengan cahaya terang selama 10 menita di pagi hari membangkitkan motor tubuh sepanjang hari. cahaya menstimulir pelepasan zat kimia otak yang membangkitkan semangat.

- Minum sebelum haus
minum air secara teratur untuk memastikan batere anda tidak melemah. studi-studi menunjukkan cairan tubuh hanya turun 2% saja dapat menyebabkan fatigue, lesu, tak bersemangat dan sakit kepala.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar